Please select a page for the Contact Slideout in Theme Options > Header Options

Tahfidz

KENAPA HARUS QUR’AN CAMP MUSTAQILLI ?

10 Rahasiah Para Penghafal Al-Qur'an

Setiaknya ada 10 hal yang harus dipahami dan diamalkan bagi setiap orang yang ingin menjadi penghafal Al-Qur’an. 10 rahasiah ini yang mengantarkan teman teman kami menghafal Al-Qur’an lebih efektif bahkan ada yang menyelesaikan hafalannya dalam 29 jam di usia 37 tahun.

Pendekatan Genetik

Metode Pembelajaran Al-Qur’an Berbasis Sistem Operasi Otak dalam Konsep STIFIn

Setelah dilakukan riset untuk sekian lama, kini konsep STIFIn sudah sangat kokoh. Kekuatan utamanya terletak pada konsep yang simpel, akurat, serta aplikatif.11 Jadi, konsep STIFIn memetakan dari 5 belahan otak manusia, 1 yang menjadi dominan. Menjadi pengendali manusia, pembentuk bakat alaminya. STIFIn adalah uraian dari sensing (disingkat S), thinking (disingkat T), intuiting (disingkat I), feeling (disingkat F), insting (disingkat In). Dalam konsep tersebut, Farid Poniman memetakan gaya belajar masing-masing sebagai berikut:

1. Sensing memiliki gaya belajar menghafal, kebiasaan bermain, kehebatan pada otot, fokus pada pelajaran, kunci sukses dengan meningkatkan frekuensi, sumber kekuatannya otot, fungsi tubuh pada muskuler, konstitusi tubuhnya atletis, DNAnya adenin, stimulus jenis darahnya AB, dan kemistri dirinya tanah sehingga cenderung pada harta dengan peran sosial yang stabil, dan menyimpan kekayaan. Cara belajar terbaik sensing adalah dengan mencontoh. Menggunakan panca indera untuk merekam bagaimana orang terbaik melakukannya, kemudian mencontoh. Melakukan upcopy jika memungkinkan, memperbanyak jam terbang, semakin sering melakukannya maka semakin mahir. Mulai dari yang kecil-kecil lalu melakukan peningkatan secara incremental.

2. Thinking memiliki gaya belajar menghitung, kebiasaannya serius, kehebatan pada logika, fokus pada persahabatan, kunci suksesnya dengan menyusun prioritas, sumber kekuatannya tulang, fungsi tubuhnya cerebral, konstitusi tubuhnya piknis, DNAnya guanin, stimulus jenis darahnya A, kemistri dirinya besi sehingga cenderung ke tahta dengan peran sosial pada kekuasaan, tegas, dan mandiri. Cara belajar terbaik thinking adalah dengan menggunakan kemampuan otak kirinya untuk menganalisa. Melakukan observasi terhadap sebuah proses kerja atau tugas, kemudian menemukan kelemahannya, memperbaiki dan melihat hasilnya. Diulangi terus hingga melihat hasil yang positif. Mempelajari buku manual, melihat dan menguasai struktur dan prosesnya. Menggunakan sebanyak mungkin data untuk menyempurnakan analisa.

3. Intuiting memiliki gaya belajar mempolakan, kebiasaannya usil, kehebatannya adalah kreatif, fokus pada imajinasi, kunci suksesnya memperbaiki kualitas, sumber kekuatan pada pencernaan, fungsi tubuhnya digestif, konstitusi tubuhnya asthenis, DNAnya timin, stimulus jenis darahnya B, kemistri dirinya kayu sehingga cenderung ke kata dengan peran sosialnya kreatif, berkelas, berilmu, dan berpengaruh dalam kata. Cara belajar terbaik intuiting adalah dengan menggunakan kemampuan otak kanannya dalam mencari ide dan pola. Ide dan pola dapat ditemukan dari mana saja, buku, film, majalah, atau televisi. Selalu mencari hal yang baru dari apa yang dilihat, didengar, atau dibaca. Menemukan pola dari apa yang sudah dipelajari dan menghubungkan dengan ilmu yang ingin dikuasai. Imajinasi dan kreativitas adalah modal terbesarnya.

4. Feeling memiliki gaya belajar mendengarkan, kebiasaannya santai, kehebatan dalam berbicara, fokus pada peranan, kunci suksesnya memimpin diri, sumber kekuatannya pernafasan, fungsi tubuhnya respiratoris, konstitusi tubuhnya displastis, DNAnya sitosin, stimulus jenis darahnya O, kemistri dirinya api sehingga cenderung ke cinta dengan peran sosial yang berkobar, mood, dan perasaan cinta. Cara belajar terbaik feeling adalah melalui orang. Mendapatkan inspirasi atau pemahaman melalui orang lain. Memperbanyak aktivitas diskusi, khususnya dengan orang-orang yang menguasai ilmu yang hendak dikuasai. Memilih buku-buku, artikel, atau biografi yang terkait dengan orang-orang tersebut dan menemukan bagaimana mereka mengaplikasikan ilmu tersebut.

5. Instinct memiliki gaya belajar merangkum, kebiasannya ikut campur, kehebatannya serba dapat, fokus pada penampakkan, kunci suksesnya menolong teman, sumber kekuatannya keseimbangan, fungsi tubuhnya sirkuler, konstitusi jasmaninya stenis, DNAnya seimbang antara adenin, guanin, timin dan sitosin, stimulus jenis darahnya di antara AB, A, B dan O, kemistri dirinya air sehingga cenderung bahagia dengan peran sosial pada perdamaian (juru damai) dan kebahagiaan. Cara belajar terbaik instinct adalah dengan merespon secara cepat dan spontan kebutuhan yang dituntut dari sebuah keadaan, terutama yang terkait dengan ilmu yang ingin dikuasai. Keserbabisaan akan sangat membantu cara belajar. Menggunakan kelebihan dalam hal kesediaan untuk berkorban, dengan menolong orang lain mengerjakan pekerjaan yang memerlukan ilmu/keterampilan yang ingin dikuasai. 

Pembentukan Karakter

Bagi seorang yang bercita cita menjadi penghafal Al-Qur’an tentu harus benar benar menjaga dirinya dari maksiat, menjaga selalu konsisten dalam mengerjakan kewajiban dan sunnah. oleh sebab itu selama di camp ini kita telah membuat sistem apa, bagaimana, mulai dari mana dll yang harus dilatih menjadi habit atau kebiasaan bagi setiap santri dengan harapan besar kami yaitu teman teman tetap istiqomah sampai ajal menjeput nanti.

Mentor Profesional

Pembimbing profesional dan sudah berpengalaman baik dalam menghafal untuk pribadinya maupun dalam membimbing sahabat muslim wal muslimah untuk menjadi orang mulia yaitu penghafal Al-Qur’an.

Keberkahan Ramadhan Plus Keutamaan Menuntut Ilmu

Camp akan dimulai pada 13 sampai dengan 18 Ramadhan 1440H. 

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan kesembilan pada penanggalan Hijriah. Bulan Ramadhan juga menjadi bulan yang paling dirindukan oleh umat muslim dan banyak yang menyebutnya sebagai bulan seribu bulan. Dan tahukah Anda, khusus di bulan Ramadhan amal kebaikan umat muslim akan dibalas dengan berkah pahala yang berlipat ganda? Bahkan bila kita menjalani puasa dengan sempurna, ketika hari lebaran datang, kita akan bersih dari dosa seperti seorang bayi yang baru lahir kembali. ketika anda tahu pahala menuntut ilmu atau diam di majlis ilmu kemudian bagaimana dengan menuntut ilmu di bulan suci ramadhan.. Maasyaa Allah… 

Villa & Tempat Belajar

Tempat Arabic Camp Mustaqilli di villa SMESCO Puncak bogor, dengan udara dan suasana alam yang sangat bagus, view sangat indah khas puncak dan fasilitas kamar ber AC, Air panas dll

 

 

 

Fasilitas

– Penginapan Nyaman (1 Kamar 4 T.Tidur), AC, Air Panas Dll
– Aula Belajar Lengkap
– Makan & Minum
– Snack
– Loundry
– Free Wifi
– Kaos Camp
– Suasana Sejuk Pegunungan

“Sesungguhnya Allah itu mempunyai keluarga yang terdiri daripada manusia…” Kemudian Anas berkata lagi, “Siapakah mereka itu wahai Rasulullah?” Baginda manjawab, “yaitu ahli Qu’ran (orang yang membaca atau menghafal Qur’an dan mengamalkannya). Mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang yang istimewa bagi Allah.” (HR. Ahmad).

Daftar Sekarang



Pusat Informasi

Nomor Hp /WA. 0818-201-142 / 0811-9772407
Email. mymustaqilli@gmail.com
website. www.mustaqilli.com

Indonesia Arabic Center (IAC)

Kompleks Masjid Agung Al Azhar, Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Selong, RT.2/RW.1, Selong, Kby. Baru,
Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12110

Lihat Program Tahfidz & Tahsin Bersanad